5 Cara Kuatkan Diri Menghadapi Seseorang yang Playing Victim

Dia selalu menyalahkan orang lain atas sesuatu yang menimpa dirinya. Dia merasa tak ada gunanya mencoba memperbaiki keadaan sebab dia merasa menjadi korban keadaan. Bahkan, dia selalu merasa jadi orang yang paling merana padahal kalau dia mau berusaha sebenarnya hidupnya bisa lebih baik.

Pernah menjumpai atau berhubungan dengan orang yang suka playing victim seperti yang dijelaskan di atas? Ya, sungguh melelahkan menghadapi orang yang suka playing victim. Menghadapi seseorang yang selalu merasa menjadi korban keadaan tanpa pernah berupaya mengoreksi diri atau mencoba melakukan hal yang lebih baik, jelas tidak mudah. Untuk bisa lebih tegas dan kuat menghadapi orang yang suka playing victim, cara-cara berikut ini bisa dicoba.

1. Ladeni Seperlunya

Mengutip laman Hack Spirit, mentalitas selalu merasa jadi korban keadaan (victim mentality) adalah istilah yang biasa digunakan dalam budaya populer dan percakapan biasa untuk menggambarkan orang yang suka berkubang dalam hal negatif dan memaksakannya pada orang lain. Menghadapinya bisa membuat kita ikut merasakan banyak hal negatif. Daripada ikut merasa makin emosi dan kesal, ada kalanya kita perlu meladeninya seperlunya saja. Tak perlu berinteraksi terlalu banyak padanya jika tidak terlalu penting.

2. Tak Perlu Berharap Terlalu Banyak Padanya

Orang yang suka playing victim biasanya tidak mau mengubah sikap atau berusaha untuk melihat sisi baik dari segala sesuatu. Kita tak bisa berharap terlalu banyak padanya agar mau berubah dalam waktu singkat. Bisa jadi dia sendiri sedang punya masalah yang sangat personal dan sulit untuk membuka diri lebih baik lagi.

3. Hadirkan Perspektif Berbeda saat Berkomunikasi

Dia mungkin tak suka disalahkan atau dihakimi. Yang bisa kita lakukan saat berkomunikasi atau berbicara dengannya adalah menghadirkan sudut pandang atau perspektif berbeda darinya. Supaya dia bisa melihat sisi lain dari situasi atau keadaan yang sedang dihadapinya. Setidaknya dia tidak terlalu berpikiran sempit dengan hal yang sedang dihadapinya saat ini.

4. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Orang yang suka playing victim bisa jadi karena kurang rasa percaya diri. Untuk itu kita perlu lebih percaya diri saat berhadapan dengannya. Atau berupaya untuk memunculkan rasa percaya dirinya bahwa situasi atau keadaan bisa membaik saat dia mau berusaha sedikit lebih keras lagi.

5. Tingkatkan Rasa Empati

Kita tak pernah tahu apa yang sedang dirasakan oleh orang lain. Kita tak bisa menuntut orang lain punya perasaan yang sama dengan kita. Yang bisa kita lakukan adalah berempati. Mencoba untuk memposisikan diri di situasi yang dihadapinya. Sehingga, kita tidak merasa frustrasi sendiri menyikapi sikapnya yang menurut kita kurang tepat.

Menyikapi dan menghadapi orang yang suka playing victim memang tidak mudah. Semoga kita bisa senantiasa berupaya jadi orang baik dengan siapa pun kita berinteraksi dan berkomunikasi, ya.